INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Download Lagu Hakikat, Fungsi, Dan Tujuan Pendidikan Agama Kristen


A. Hakikat Pendidikan Agama Kristen

Hakikat Pendidikan Agama Katolik menyerupai yang tercantum dalam hasil Lokakarya Strategi PAK di Indonesia tahun 1999 adalah: Usaha yang dilakukan secara bersiklus dan berkelanjutan dalam rangka menyebarkan kemampuan siswa semoga dengan dukungan Roh Kudus sanggup memahami dan menghayati kasih Tuhan Allah di dalam Yesus Kristus yang dinyatakan dalam kehidupan sehari-hari, terhadap sesama dan lingkungan hidupnya. Dengan demikian, setiap orang yang terlibat dalam proses
pembelajaran PAK mempunyai keterpanggilan untuk mewujudkan tandatanda.Kerajaan Allah dalam kehidupan langsung maupun sebagai bab dari komunitas.
 Hakikat Pendidikan Agama Katolik menyerupai yang tercantum dalam hasil Lokakarya Strategi PA download lagu Hakikat, Fungsi, dan Tujuan Pendidikan Agama Kristen

B. Fungsi dan Tujuan Pendidikan Agama Kristen

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2007 ihwal pendidikan agama dan pendidikan keagamaan, disebutkan bahwa: pendidikan agama berfungsi membentu insan Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia dan bisa menjaga kedamaian dan kerukunan kekerabatan inter dan antarumat beragama (Pasal 2 ayat 1). Selanjutnya disebutkan bahwa pendidikan agama bertujuan menyebarkan kemampuan siswa dalam memahami, menghayati,dan mengamalkan nilai-nilai agama yang menyerasikan penguasaannya dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (Pasal 2 ayat 2). Mata pelajaran PAK berfungsi untuk:
a. Memperkenalkan Allah dan karya-karya-Nya semoga siswa bertumbuh iman percayanya dan meneladani Allah dalam hidupnya.
b. Menanamkan pemahaman ihwal Allah dan karya-Nya kepada siswa, sehingga bisa memahami, menghayati, dan mengamalkannya. 

Tujuan PAK:
a. Menghasilkan insan yang sanggup memahami kasih Allah di dalam Yesus Kristus dan menyayangi Allah dan sesama.
b. Menghasilkan insan Indonesia yang bisa menghayati imannya secara bertanggung jawab serta berakhlak mulia dalam masyarakat majemuk. Pendidikan Agama Katolik di sekolah disajikan dalam dua aspek, yaitu aspek Allah Tritunggal dan Karya-Nya, dan aspek nilai-nilai Kristiani. Secara holistik, pengembangan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar PAK pada Pendidikan Dasar dan Menengah mengacu pada kepercayaan ihwal Allah dan karya-Nya. Pemahaman terhadap Allah dan karya-Nya harus tampak dalam nilai-nilai kristiani yang sanggup dilihat dalam kehidupan keseharian siswa. Inilah dua aspek yang ada dalam seluruh bahan pembelajaran PAK dari SD hingga SMA/SMK

Baca Juga

Related Posts

INFO LOWONGAN KERJA TERBARU KLIK DISINI

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel